Wednesday, August 11, 2010

Pepaya Kaya Khasiat

Mungkin tidak semua orang menyukai buah pepaya, padahal buah bewarna merah ini memiliki begitu banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Pohon pepaya sudah terkenal sebagai tanaman berkhasiat atau herbal yang dapat meyembuhkan berbagai macam penyakit. Setiap bagian pohon pepaya dapat dimanfaatkan, mulai akar, batang, daun, buah bahkan biji buahnya.

Salah satu jenis pepaya yang belakangan ini sedang digemari adalah pepaya hawai. Ukuran pepaya ini lebih kecil dibanding dengan pepaya kebanyakan. Bentuknya agak bulat atau bulat lonjong dengan bobot buah sekitar 0.5 kg. Pepaya ini merupakan jenis pepaya "solo" yang artinya pepaya yang habis dimakan hanya untuk satu orang. Tanaman yang berasal dari Kepulauan Hawai ini tumbuh subur di lokasi yang memiliki curah hujan tinggi namun tidak tergenang air.

Kandungan pepaya 
Berikut beberapa kandungan yang terdapat dalam buah pepaya yang begitu menojol khasiatnya :

Betakaroten
Buah pepaya merupakan sumber betakaroten yang sangat baik. Menurut hasil penelitian di National Cancer Institute, buah yang kaya betakaroten seperti pepaya memiliki kemampuan sebagai antioksidan yang berperan penting dalam menstabilkan radikal bebas sehingga dapat mengurangi risiko penyakit kanker.

Vitamin A
Didalam tubuh, betakaroten akan di ubah menjadi vitamin A, yang tidak hanya baik untuk kesehatan mata tapi juga dapat meningkatkan system kekebalan tubuh.



Vitamin C
Pepaya juga merupakan sumber vitamin C yang cukup tinggi. Selain merupakan sumber antioksidan, vitamin C dapat mengurangi risiko katarak, memperkuat dinding kapiler darah, mengurangi risiko penyakit jantung dan dapat menghambat penuaan dengan memperbaharui sel darah putih.

Vitamin E
Vitamin yang dikenal sebagai vitamin kulit dan kecantikan ini juga terdapat dalam buah bewarna merah ini. Dengan vitamin E yang dikandungnya maka buah pepaya juga bermanfaat untuk melindungi kerusakan sel-sel tubuh akibat radikal bebas.

Likopen
Buah pepaya juga mengandung likopen yang berasal dari warna merahnya. Banyak para pakar kecantikan yang menganjurkan mengkonsumsi buah bewarna merah yang mengandung agar kulit wajah terlihat awet muda.

Manfaat pepaya
Tidak hanya buahnya yang mengandung banyak manfaat, getah dan biji pada pepaya juga berkhasiat bagi kesehatan.

Getah
Getah pepaya mengandung enzim papain. Menurut sebuah penelitian yang telah dipublikasikan dalam The Journal Society of Biology, enzim papain bersifat antitumor dan antikanker.

Dalam enzim tersebut terdapat senyawa karpain, yang diketahui ampuh menghambat kerja beberapa mikroorganisme yang mengganggu fungsi pencernaan dan efektif menekan penyebab tifus.

Selain itu getah pepaya juga mengandung lebih dari 50 asam amino, antara lain asam aspartat, treonin, serin, asam glutamat, prolin, glisin, alanin, valine, isoleusin, leusin, tirosin, fenilalanin, histidin, lysin, arginin, tritophan, dan sistein. Kesemua kandungan tersebut biasanya digunakan sebagai bahan baku industri kosmetik untuk menghaluskan kulit, menguatkan jaringan kulit agar lebih kenyal dan menjaga gigi dari timbunan plak.

Biji pepaya
Biji pepaya merupakan sumber saponin yang cukup baik dan mempunyai sifat antimikroba. Karena itu bijinya dapat digunakan untuk mencegah dan membasmi cacing yang bersarang di dalam saluran pencernaan.

Daun pepaya
Tidak hanya bermanfaat bagi kulit, daun pepaya juga dapat digunakan untuk kesehatan wanita dalam mengobati keputihan, demam akibat nifas, melancarkan haid dan melancarkan air susu ibu (ASI). Khasiat lainnya adalah untuk menangkal penyakit flu, malaria dan demam.

sumber www.conectique.com

No comments:

Post a Comment